Rabu, 23 Januari 2013

Mari jaga anak kita dari bahaya listrik


Anak-anak memiliki ketertarikan tinggi terhadap benda-benda yang terlihat asing seperti stopkontak, kabel, dan peralatan listrik lainnya.Informasi dibawah bisa membantu Anda melindungisi kecil dari bahaya yang mungkin timbul. Hindarkan anak anda dari : 

1 : Memasukkan jari tangannya atau benda-benda lain ke stopkontak. 
Pasang pelindung stopkontak yang sudah banyak tersedia di toko alat-alat listrik. Pastikan Anda memasang kepala kabel dengan benar pada stopkontak sehingga tidak mudah terlepas. Letakkan furnitur di depan stopkontak, dan jangan biarkan anak bermain di dekatnya. 

2 :Menggigit kabel listrik.
Jauhkan kabel listrik dari jangkauan anak dan jaga agar kabek tidak menggelantung sembarangan dengan menempelkannya pada tembok menggunakan selotip yang tidak mengantarkan listrik atau gunakan klip pengaman agar anak tidak dapat menggigit kabel tersebut. Jangan meletakkan kabel sambungan di kamar si kecil. 

3. Memasukkan jari tangannya atau benda-benda lain ke soket lampu yang kosong. 
Jauhkan perabotan lampu dari jangkauan anak dan pastikan semua bohlam telah terpasang dengan baik pada soket lampu.  

4. Memasukkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik ke dalam bak cuci piring atau bak mandi.
Jangan pernah membiarkan hair dryer,sikat gigi listrik di dekat bak air. Pastikan bahwa Anda memiliki Ground Foult Circuit lnterrupters (GFCI), yaitu alat yang secara otomatis akan memutus aliran listrik jika ada peralatan rumah tangga yang tercebur ke dalam bak air. Alat ini berguna untuk peralatan rumah tangga yang ada di dapur, kamar mandi dan di halaman rumah. Anda bisa membelinya ditoko-toko peralatan listrik.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar